Latest News

Selasa, 09 Agustus 2016

Cara Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Anak


Seperti yang anda ketahui, akhir-akhir ini isu pemanasan global kini semakin mengkhawatirkan. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi terjadinya pemanasan global adalah karena faktor manusia, seperti menebang pohon sembarangan dan sebagainya. Apabila ini terus dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi kehidupan di bumi yang mana akan menjadi tempat tinggal untuk anak-anak kita di masa depan, sehingga kita harus bekontribusi dalam memerangi masalah ini. 

Salah satu peran yang bisa anda lakukan dalam mengatasi masalah ini adalah dengan mendidik anak supaya cinta terhadap lingkungan, ini dikarenakan anak akan menjadi penerus kehidupan di masa depan, yang mana diharapkan bisa menyelematkan kehidupan di bumi ini. Tak perlu jauh-jauh anda bisa mengajarkan anak mulai dari lingkungan sekitar. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini kami akan memberikan tips cara mendidik anak agar ia peduli terhadap lingkungannya. 

Ajaklah anak untuk berkebun 
Berkebun merupakan salah satu cara agar anak bisa dekat dengan alam, yang anda perlukan hanyalah membuat taman di pekarangan rumah yang mana bisa dijadikan tempat untuk mengajarkan anak supaya peduli terhadap lingkungan. Anda bisa mengajarkan banyak hal dalam berkebun, salah satunya adalah dalam menjaga dan merawat tanaman. Tentu dengan cara mendidik anak seperti ini, kelak di masa depan diharapkan anak bisa menjadi pribadi yang dapat menjaga kelestarian alam. 

Mengajarkan anak buang sampah pada tempatnya 
Banyak orang yang membuang sampah sembarangan, sehingga menimbulkan banyak masalah. Kesadaran diri menjadi salah satu kunci untuk mengurangi masalah tersebut, hal ini pula yang bisa diajarkan pada anak kita. Anda harus mengajarkan kepada anak sedini mungkin, salah satu caranya menjadi contoh yang baik bagi anak. Tentu anak akan meniru kebiasaan orang tuanya, maka dari itu kunci keberhasilannya terletak pada diri anda. 

Selain itu, supaya anak semakin bersemangat dalam membuang sampah, cobalah anda untuk membuat tempat sampah dirumah semenarik mungkin karena ini dapat menarik perhatian anak. Tentu dengan cara mendidik anak seperti ini, diharapkan kelak di masa depan anak-anak bisa menjadi generasi yang bisa mengatasi masalah yang berhubungan dengan sampah. Itulah cara dalam mendidik anak supaya dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Tentu dimasa depan anak-anak akan menjadi penerus kehidupan di bumi, maka dari itu wajib bagi para orang tua untuk mendidik anaknya demi kelangsungan hidupnya nanti. Semoga bermanfaat!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Anak Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top