Latest News

Sabtu, 10 September 2016

Jenis Masakan Nusantara Terpopuler


Sejak jaman dulu Indonesia menjadi salah satu pusat kuliner yang sangat terkenal di seluruh dunia. Beragamnya jenis masakan nusantara membuat negara kita semakin terkenal khususnya ke negara-negara Eropa dan Asia. Dengan terdapatnya berbagai jenis makanan di Indonesia, hal itu menjadi satu keuntungan tersendiri bagi negara dan masyarakat Indonesia, karena dengan banyaknya turis mancanegara yang datang ke Indonesia maka semakin terkenal juga nama Indonesia di luar negeri. Karena masakan Indonesia memiliki cita rasa yang sangat khas yang dipadukan dengan bumbu rempah alami khas tanah air, hal ini menjadi salah satu tujuan turis asing datang ke negara kita selain karena beberapa objek wisata yang ada di Indonesia, itu terbukti dengan semakin banyaknya turis mancanegara yang datang ke negara kita tiap tahunnya. 

Hampir tiap kota di Indonesia memiliki makanan khas yang sangat beragam. Semuanya memiliki cita rasa yang berbeda, sehingga mempunyai peminatnya masing-masing. Salah satu jenis masakan nusantara yang sering kita jumpai adalah sate. Biasanya bahan daging yang sering dipakai untuk membuat sate yaitu daging kambing, ayam dan sapi. Salah satu kota yang terkenal dengan masakan satenya adalah Madura. Bahkan sudah banyak di beberapa kota lain kedai-kedai sate khas madura. Ciri khas dari masakan sate madura ini adalah tambahan bumbu kacangnya yang kental. Bahannya pun tidak sulit untuk diperoleh diantaranya bawang merah, bawang putih, kacang tanah, kemiri, garam, dan minyak goreng. 

Berikut ini adalah cara membuat sate khas madura dengan bumbu kacang sebagai pelengkap dari masakan nusantara sate madura. Campurkan semua bahan-bahan di atas seperti bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam dan kemiri. Bahan-bahan tersebut haluskan hingga teraduk merata. Selanjutnya panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan tadi hingga tercium bau harum dan mengental. Selanjutnya celupkan bahan sate sesuai selera kita baik itu daging ayam atau kambing kedalam campuran bumbu kacang ditambah kecap secukupnya, lalu setelah itu bakar sate sampai setengah matang. 

Kemudian angkat dan gulingkan lagi dalam bumbu yang tadi, lalu bakar kembali hingga matang. Demikianlah info seputar masakan khas dari negeri kita Indonesia. Masih banyak lagi jenis masakan lain yang tentunya mempunyai cita rasa dan kelezatan yang menggoda. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jenis Masakan Nusantara Terpopuler Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top