Latest News

Jumat, 18 November 2016

Tipe Pola Asuh Anak

Dalam keluarga tidak lengkap rasanya bila tidak ada anak, dan juga anak tidak akan komplit bila tidak ada orang tua maka dalam keutuhan keluarga sangat bergantung pada kelengkapan anggota keluarga itu sendiri. Dalam keberadaannya anak sangat menjadi idaman orang tua sebagai pelengkap dalam keluarga dan secara tidak langsung bisa menjadi ladang amal bagi orang tua dalam menginvestasi kewajiban sebagai orang yang dititipi Tuhan. Maka, dengan keberadaan anak ini untuk bisa memaksimalkan peranan orang tua menjaga dan mendidik anak harus dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan harapan anak baik dalam sisi pendidikan, mental, kesehatan dan lain sebagainya.

Semua ini terkumpul dalam suatu pola asuh anak. Setiap ibu atau orang pada umumnya mengasuh anak berbeda beda, yang memungkinkan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang dilakukan orang tuanya, semisalnya orang tua mengasuh anaknya dengan cara disiplin maka kemudian anak akan tumbuh dan berkembang dengan sifat disiplin melekat dalam dirinya, berbeda dengan yang mendidik dengan otoriter, dimana akan menjadikan anak menjadi ketakutan dalam setiap langkahnya baik dalam memutuskan sesuatu dan bertindak sesuatu, kemudian ini secara langsung akan berdampak pada masa depan anak.

Maka penting sekali untuk mengetahui jenis pola asuh anak yang biak dan tepat untuk dilakukan orang tua kepada anak agar masa depan anak lebih baik dan berkembang dengan tepat. Di bawah ini ada beberapa tipe orang tua dalam melakukan pola asuh kepada anak:
  • Disiplin
Pola asuh ini dilakukan orang tua dengan menanamkan kepada anak untuk selalu disiplin dalam setiap kegiatannya, baik bersifat untuk kepentingan menjaga kesehatan, pendidikan atau hal hal lainnya. Pola asuh ini akan menjadikan anak disiplin dan setiap langkahnya lebih teratur sehingga memungkinkan anak bisa melihat kepentingan waktu.
  • Otoriter
Tipe ini yang harus dihindari orang tua, dimana selalu mengharuskan anak untuk bisa mencapai sesuatu yang dinginkan orang tua.
  • Tauladan
Inilah tipe yang harus dijadikan orang tua dalam mendidik anak, dimana dalam semua keadaan orang tua memberikan perspektif positif dan memberikan penjelasan, sehingga anak dalam keadaan apapun menjadi penuh pertimbangan.

Itulah tipe pola asuh anak yang bisa anda pilih, semoga bermanfaat.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tipe Pola Asuh Anak Description: Rating: 5 Reviewed By: windiariska
Scroll to Top